Kamis, 08 Februari 2018

AKTIVITAS HOUSEKI PROJECT DIHENTIKAN


Ya, ini bukan bercanda. Saya menulis ini sebagai diri saya sendiri sekaligus sebagai admin Houseki Project. Saya yang biasanya dikenal sebagai hunter934, ingin mengatakan bahwa Houseki Project akan dihentikan aktivitasnya. Itu artinya Houseki Project tidak akan membuat subtitle dan terjemahan apapun lagi ke depannya. Kenapa? Hal itu dikarenakan saya ingin pensiun sebagai subber. Saya ingin mengakhiri cerita saya sebagai subber dengan nama alias hunter934. Saya ingin kembali menjadi fans biasa seperti dulu. Sebagai satu-satunya kru tetap di Houseki Project, sudah otomatis berhentinya saya juga akan menghentikan aktivitas Houseki Project seluruhnya. Meskipun saya satu-satunya kru, tapi selama bekerja sebagai subber saya seringkali dibantu oleh teman-teman lainnya dalam hal timing, typesetting, encoding, dan lain sebagainya. Terima kasih banyak kepada teman-teman yang sudah pernah memberikan bantuannya selama ini.

Mungkin ada yang bertanya kenapa tiba-tiba berhenti padahal baru saja kembali lagi setelah hiatus selama setengah tahun. Awalnya saya kembali dengan semangat baru dan ingin mencoba berbagai hal yang baru. Saya ingin mengulang semuanya lagi dari nol, oleh karena itu saya membuat Houseki Project. Tapi, selama beberapa bulan sejak itu ada berbagai macam hal yang terjadi di luar kendali saya, hal yang yang kemudian mematikan gairah saya. Hingga kemudian saya mempertimbangkan untuk menghentikan aktivitas Houseki Project. Ada beberapa faktor yang akhirnya membuat saya mantap untuk berhenti. Faktor pertama, jika boleh terus terang, dalam 1-2 bulan terakhir ada banyak hal yang membuat saya luar biasa kecewa (tentunya ini masih berhubungan dengan dunia idol). Saking kecewanya itu membuat gairah saya semakin lama semakin menurun hingga akhirnya saya berpikir, “Oke, saya sudah selesai. Sudah cukup sampai di sini, saatnya dihentikan”. Saya tidak bisa menceritakannya secara detail, cukup sekedar tahu saja. Faktor kedua adalah saya semakin sulit menjaga ritme bekerja saya. Pada awalnya saya berencana merilis minimal 2 subtitle dalam 1 bulan. Tapi itu ternyata sulit dilakukan. Hingga kemudian saya mencoba untuk merekrut kru baru untuk Houseki Project. Harapan saya dengan adanya tambahan kru akan mengembalikan gairah dan ritme bekerja saya lagi, karena saya tidak perlu bekerja sendirian lagi. Tapi ternyata sekarang sangat sulit mencari kru baru untuk direkrut. Itulah faktor ketiga, saya tidak bisa menemukan tambahan amunisi. Sepertinya minat orang-orang sudah menurun akhir-akhir ini. Sepertinya sudah banyak orang yang juga kehilangan gairahnya. Sepertinya hanya saya saja yang sempat berapi-api sendirian. Walau sekarang api itu sudah padam. Dan faktor keempat, saya sedikit mengalami masalah dengan kehidupan pribadi saya, walaupun ini bukan faktor utama.

Tapi, sebelum aktivitas Houseki Project benar-benar dihentikan, ada beberapa project terakhir yang berniat saya tuntaskan dan semoga bisa dirilis secepatnya, antara lain:
-         -  Team88 Ratch Okabe Rin;
-         - Team88 Ratch Oda Erina; dan
-         - Nemousu TV Season 15 ep10.

Sebenarnya masih ada beberapa project lainnya dimana saya berkolaborasi dengan fansub lain. Hanya saja saya tidak akan memberitahukan judulnya karena bukan saya yang akan merilisnya, saya hanya bagian kecil dari kolaborasi yang tidak berhak membocorkannya. Baik project Houseki Project sendiri maupun project yang berkolaborasi dengan fansub lain, itu semua adalah project terakhir saya, saya tidak akan menambah project lagi. Kalau itu semua sudah selesai, maka tugas saya pun sudah berakhir. Oh iya, saya tidak akan menghapus blog, tumblr, dan channel dailymotion. Jadi, jika ada seseorang di sana yang sekiranya masih membutuhkan kontennya, dia masih bisa mendownloadnya.

Terima kasih banyak atas dukungannya selama ini. Tapi, tidak ada yang kekal di dunia ini, semua hal ini di dunia ini pasti akan berakhir. Selama 3 tahun ini saya sudah mendapat banyak ilmu baru dari pekerjaan sebagai seorang subber amatir. Jika pada tahun 2013, saya tidak memberanikan diri untuk menguji kemampuan Bahasa Jepang saya dengan menjadi subber, saya tidak akan pernah menjadi diri saya yang sekarang. Saya tidak akan mungkin berhasil lulus N3, meskipun tahun lalu saya gagal lulus N2. Tapi saya akan mencoba lagi tahun depan. Bagi saya menjadi seorang subber adalah metode belajar Bahasa Jepang terbaik yang pernah saya lakukan.

Saya memang ingin pensiun sebagai subber sekaligus menghentikan aktivitas Houseki Project. Tapi, saya belum akan pensiun ngidol dalam waktu dekat. Masih banyak idol yang masih ingin saya dukung. Apalagi saat ini saya sedang menyukai Keyakizaka46, GEM, SUPER GiRLS, dan The World Standard. Saya masih aktif di tumblr saya http://hunter934.tumblr.com. Saya masih akan sering mengupdate tentang idol-idol favorit saya di tumblr. Terkadang saya juga menerjemahkan blog, artikel, komentar, atau hal apapun yang menurut saya menarik mengenai idol favorit saya, meskipun saya mungkin tidak akan pernah membuat subtitle lagi. Saya hanya ingin menjadi fans biasa lagi yang tidak banyak pikiran. Saya tidak ingin lagi terikat dengan ekspektasi dan harapan orang-orang yang pada akhirnya membebani. Saya mungkin sudah terlalu lelah dengan permintaan "tolong dibuatkan sub ini dong, tolong dibuatkan sub itu dong", padahal tangan saya hanya ada 2. Ingin menambah armada pun tidak membuahkan hasil. Begitulah. Sepertinya tulisan saya terlalu panjang. Kalau begitu saya cukupkan sampai di sini saja. Sekian dari saya, terima kasih atas dukungannya selama 3 tahun ke belakang.


Best regards,


hunter934  

6 komentar:

  1. saya selalu mengkuti admin semenjak blog pribadi hunter934. saya suka dengan sub-annya . saya sedih dan kecewa ketika anda hiatus dan akhirnya memutuskan berhenti. saya berharap masih akan terus ngesub tetapi hanya untuk kesenangan pribadi dan tidak memaksakan diri lagi. otsukaresama deshita. terimakasih buat semua kerja kerasnya. ganbatte!!! ;( ;-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih ya ;-(
      keputusan ini berat, tapi sudah dipikirkan baik-baik selama 2 minggu.
      lagipula, masih banyak subtitle yang bakal dirilis sebenarnya, terutama yg kolaborasi sama fansub lain, walaupun nggak bakal dirilis di sini :"
      ditunggu saja.

      Hapus
  2. baru sekarang2 ini padahal ngikutin rilisan housekiproject, yg utama sih tetep karena rilisan Team 8 :v makasih ya agan Hunter, sukses terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih juga gan sudah mampir2 ke sini :))

      Hapus
  3. Semangat Min Terima kasih atas kerja kerasnya.
    Daripada istilah berhenti mungkin lebih baik "LULUS" dari dunia subber

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahaha, boleh juga istilah lulusnya. Thanks, mate :)

      Hapus